Masalah yang Sering Terjadi pada Printer, Apa Saja?

Kebutuhan cetak-mencetak bisa dilakukan dengan mudah berkat pemanfaatan printer. Hanya saja, keperluan mencetak sering terkendala karena printer bermasalah. Masalah yang sering terjadi pada printer pun beragam. Kerusakan terjadi karena kurangnya perawatan hingga usia pemakaian yang sudah lama.

Masalah yang Sering Terjadi pada Printer, Apa Saja
pexels.com

Berbagai Masalah yang Sering Terjadi pada Printer

Pada kesempatan kali ini, kami akan kupas tuntas ulasan mengenai berbagai permasalahan printer yang penting untuk Anda tahu. Apa saja? Simak ulasan di bawah ini.

Printer Tidak Terdeteksi

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada printer yaitu printer tidak terdeteksi. Penyebab masalah ini biasanya karena terputusnya kabel USB hingga driver printer bermasalah. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika Anda memeriksa kabel dan driver printer terlebih dahulu sebelum menggunakan.

Cartridge Rusak

Selain printer tidak bisa terdeteksi, cartridge yang rusak juga menjadi perhatian tersendiri. Namun pastinya, masalah ini hanya dialami oleh Anda yang menggunakan printer bersistem cartridge. Adapun permasalahan yang umum terjadi yaitu tinta cartridge tersumbat, tinta kering, bahkan cartridge tak terdeteksi.

Hasil Print Bergaris

Masalah lainnya yang sering terjadi pada printer yaitu hasil cetakan kurang berkualitas. Biasanya terdapat garis-garis. Bahkan cetakan juga kurang tebal dan terlihat ada bercak. Saat hal ini Anda alami, perlu segera mencari solusinya. Adapun salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan utility program.

Program perawatan printer ini berperan penting dalam membersihkan tinta. Setelah mengaplikasikan utility program, Anda bisa uji coba. Apabila hasil cetakan sudah sesuai dengan tampilan di layar, berarti printer telah siap digunakan. Akan tetapi jika belum, sebaiknya Anda coba mengulanginya lagi.

Printer Macet Saat Ngeprint

Pernahkah Anda mengalami masalah printer macet ini? Jika iya, tentu sangat menjengkelkan bukan? Apalagi jika Anda diburu waktu. Mau tak mau, waktu Anda akan habis menunggu printer berjalan lagi. Pada umumnya, hal ini terjadi saat ingin mencetak gambar CorelDraw dengan ketebalan hitam yang panjang. Printer pun mendeteksi bahwa tintanya masih basah sehingga perlu berhenti sejenak.

Untuk solusinya, ada baiknya Anda mencetak dalam jumlah sedikit agar tak menyita waktu. Selain itu, jika bisa, kurangi saja gambar hitamnya saat menggunakan CorelDraw. Setelah Anda tahu hal ini, tentu Anda tak perlu bingung lagi saat menghadapi permasalahan yang sama.

Printer Sering Paper Jam (Kertas Macet)

Permasalahan yang satu ini juga bisa menghambat pekerjaan. Adapun penyebabnya sangat beragam. Bisa karena kertasnya yang terlalu tebal, printer dipaksa terus beroperasi, kabel printer mulai aus, hingga adanya spooling ketika mencetak. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda cek beberapa hal tersebut sebelum menggunakan printer.

Tinta Cepat Habis

Anda mungkin sudah pernah mengalami masalah tinta yang tiba-tiba habis, namun tahukah apa penyebabnya? Apakah memang wajar karena pemakaian atau ada permasalahan pada komponen tintanya? Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan hasil cetakan setiap baru keluar dari printer. Apabila hasil cetakan terlalu tebal, bisa jadi ada yang salah dengan tintanya.

Untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah tersebut, Anda harus cermat dalam memilih tinta. Pastikan Anda membeli tinta berkualitas langsung dari produsennya. Selain itu, Anda juga perlu memilih cartridge dengan kapasitas tinggi. Terlebih lagi jika volume cetak yang setiap hari Anda lakukan lumayan besar.

Troubleshooting pada Printer

Masalah lainnya yang juga bisa menimpa printer yaitu troubleshooting. Permasalahan ini menandakan bahwa ada kerusakan pada bagian hardware.

Cara Merawat Printer yang Efektif

Anda tentu tak ingin printer kesayangan rusak bukan? Maka dari itu, pastikan Anda simak bagaimana cara merawat berikut ini.

Menghubungkan Printer ke Laptop Dengan Tepat

Cara merawat yang pertama yaitu Anda harus membiasakan diri untuk menyambungkan printer ke laptop dengan tepat. Karena kesalahan dalam penyambungan bisa membuat komponen mudah aus, bahkan printer tak dapat beroperasi lagi.

Lakukan Cleaning Printer

Cleaning printer juga termasuk bentuk perawatan yang efektif. Anda bisa lakukan head cleaning maupun deep cleaning.

Mengisi Tinta Printer Dengan Tepat

Cara perawatan printer juga bisa dilakukan dengan mengisi tinta secara tepat. Dengan demikian, tinta bisa mengalir secara lancar saat digunakan untuk mencetak.

Menggunakan Printer Secara Benar

Menggunakan printer dengan tepat agar tetap awet dan performanya handal. Hal ini juga termasuk perawatan printer yang penting Anda perhatikan.

Menyimpan Printer yang Tidak Dipakai

Menyimpan printer di tempat yang aman saat tak digunakan. Pastikan tempatnya kering dan dikemas dengan kardus, plastik, maupun ditutup kain.

Mematikan Printer Dengan Baik

Saat tak digunakan, mematikan printer dengan tepat. Jangan asal cabut kabel karena akan merusak setiap komponen printer.

Ada berbagai masalah yang sering terjadi pada printer. Untuk mencegah terjadinya masalah tersebut, memang sebaiknya Anda rutin merawat printer. Selalu cek komponennya, apakah masih bisa berfungsi atau sudah aus.