Cara Menghubungkan Printer Ke Laptop Mudah Tanpa Ribet

Cara menghubungkan printer ke laptop perlu dipahami dengan baik agar proses mencetak berjalan lancar. Dalam menyambungkannya pun tak sekedar memasangkan kabel saja, akan tetapi juga driver. Meski terdengar rumit, akan tetapi hal ini mudah dilakukan. Bahkan untuk pemula sekalipun.

Cara Menghubungkan Printer Ke Laptop Mudah Tanpa Ribet
pexels.com

Simak Cara Menghubungkan Printer ke Laptop

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghubungkan printer ke laptop? Mau tahu apa saja caranya? Langsung saja Anda simak ulasan berikut.

Via Koneksi Wireless

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menyambungkan printer ke laptop yaitu dengan memanfaatkan koneksi wireless. Caranya cukup mudah. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menghidupkan Wi-Fi router dan laptop. Setelah itu, Anda bisa menyalakan printer.

Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu masuk ke menu Start dan temukan Control Panel. Jika sudah, Anda buka Wireless Setting. Dari sini, Anda bsa memilih wireless SSID atau nama jaringan Wi-Fi.

Langkah terakhir, Anda atur kata sandi pada Wi-Fi router yang digunakan. Printer pun sudah terhubung ke laptop. Namun, perlu Anda tahu bahwa cara ini berbeda untuk printer HP dan Epson. Apabila menggunakan printer HP, Anda buka bagian Netword. Sementara untuk printer Epson, Anda bisa masuk ke menu Setting dan memilih Wireless LAN Settings.

Dengan CD Driver

Cara menghubungkan printer ke laptop juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan CD Driver. Bagaimana caranya? Anda bisa mulai dengan menyiapkan CD Driver terlebih dahulu. Pastikan CD driver tersebut sesuai dengan merek printer yang hendak Anda gunakan.

Kemudian Anda masukkan CD ke dalam ROM Driver. Jika sudah, Anda bisa lanjut ke halaman pemasangan. Anda nantinya akan menemukan buku panduan yang di dalamnya terdapat petunjuk pemasangan. Anda simak dan ikuti secara teliti.

Tanpa CD Driver

Perlu untuk Anda pahami bahwa menyambungkan printer ke laptop juga bisa berhasil tanpa CD Driver. Hal ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang tak memiliki CD Driver dengan berbagai alasan tertentu. Adapun salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan kabel USB.

Pastinya Anda sudah tak asing dengan kabel USB bukan? Hal ini karena setiap pembelian printer senantiasa lengkap dengan kabel USB. Tanpa harus membeli secara terpisah, Anda sudah memiliki kabel USB untuk memasangkan printer ke laptop.

Cara menghubungkan printer ke laptop dengan kabel USB pun cukup mendekatkan keduanya. Pasalnya, kabel USB tak cukup panjang untuk terpasang berjauhan. Setelah kabel USB tersambung ke laptop, Anda bisa menyalakan printer. Mudah bukan?

Via Bluetooth

Cara selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk menyambungkan printer ke laptop yaitu dengan Bluetooth. Langkah pertama, Anda hidupkan printer. Lalu pasangkan kabel dengan benar. Setelah itu, Anda bisa masuk ke Control Panel dan pilihlah Hardware and Sound.

Nantinya akan muncul beberapa pilihan, Anda pilih saja Device and Printer. Kemudian pilih Add Printer dan Add a Network, Wireless or Bluetooth Printer. Apabila langkah ini sudah Anda lewati, akan muncul ikon printer yang tengah Anda gunakan. Ikuti saja langkah yang ditampilkan sampai selesai.

Cara menghubungkan printer ke laptop sangat beragam dan mudah Anda lakukan. Anda bisa memilih cara mana yang menurut Anda simple. Hal yang pasti, perhatikan secara teliti dan lakukan dengan hati-hati. Dengan cara di atas, Anda pun tak perlu bingung lagi saat ingin mencetak dokumen maupun gambar.