Printer Tidak Terdeteksi, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Printer tidak terdeteksi menjadi salah satu permasalahan yang menghambat kebutuhan cetak-mencetak, baik itu tulisan maupun gambar. Ketika Anda mengalami masalah tersebut, pastikan segera mencari solusinya. Dengan demikian, printer bisa digunakan kembali sebagaimana mestinya.

Printer Tidak Terdeteksi, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya!
pexels.com

Penyebab Printer Tidak Terdeteksi

Sebelum mengulas mengenai bagaimana cara mengatasi printer yang tak terdeteksi, alangkah lebih baik apabila tahu apa penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa diantaranya:

Masalah pada Driver

Salah satu penyebab printer tidak terdeteksi yaitu kondisi driver printer yang bermasalah. Misalnya belum terinstal. Karena belum terinstal, maka printer tak bisa terhubung ke laptop atau PC. Alhasil, printer tak bisa Anda gunakan untuk mencetak. Maka dari itu, pastikan driver printer telah terpasang dengan tepat sebelum menggunakannya.

Selain driver printer yang belum terinstal, bisa jadi karena driver yang tidak cocok. Perlu untuk Anda ketahui, driver printer sebaiknya disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan. Pasalnya, driver untuk sistem operasi sebelumnya belum tentu sesuai pada sistem operasi terbaru.

Kabel USB Putus

Selain masalah pada driver, printer tidak bisa terdeteksi juga bisa disebabkan oleh putusnya kabel port USB. Tidaklah mengherankan karena kabel pada dasarnya berperan penting dalam menghubungkan printer ke laptop atau PC.

Cara Mengatasi Printer Tak Terdeteksi

Setelah tahu apa saja penyebabnya, kini Anda bisa beralih ke solusinya. Mau tahu bagaimana cara mengatasi printer tidak terdeteksi? Langsung saja Anda simak ulasan berikut.

Melalui Control Panel

Salah satu solusi terbaik dalam mengatasi printer yang tak terdeteksi yaitu dengan membuka menu Control Panel. Setelah itu, Anda bisa memilih Device and Printer. Kemudian pilih Add Printer dan lanjutkan dengan memilih Add Local Printer.

Apabila semua langkah sudah Anda ikuti, tinggal memilih post yang Anda gunakan. Untuk Anda yang menggunakan USB, Anda bisa memilih Have a Disk. Lalu pilih Lokasi Driver. Lakukan langkah ini dengan teliti sampai printer terdeteksi.

Cek Kabel USB

Sebagaimana yang telah kita kupas tuntas sebelumnya, salah satu penyebab printer tidak bisa terdeteksi yaitu putusnya kabel USB. Maka dari itu, Anda perlu mengecek kondisi kabel terlebih dahulu sebelum menggunakan.

Pastikan kabel USB tidak dalam kondisi tertetuk dan bersih dari kotoran. Untuk memudahkan dalam mengoperasikan printer, sebaiknya Anda menggunakan kabel USB yang tak terlalu panjang. Namun perlu Anda pahami bahwa cara ini jelas hanya untuk pengoperasian printer dengan kabel USB saja, bukanlah printer wireless.

Update Driver

Agar printer terdeteksi, Anda perlu update driver secara berkala. Dalam melakukannya, Anda bisa ikuti langkah manual maupun otomatis. Mengenai langkah yang manual, Anda buka situs resmi printer yang Anda gunakan. Kemudian tinggal mencari driver dan versi printer yang Anda gunakan.

Sementara untuk langkah update driver yang otomatis, Anda perlu memanfaatkan aplikasi 3rd party. Sebut saja DriverPack, SlimDriver, dan masih banyak lagi. Setelah Anda berhasil update driver, jangan langsung menggunakannya. Lebih baik restart printer terlebih dahulu.

Restart Print Spooler

Solusi lainnya yang bisa Anda pilih untuk mengatasi printer tak bisa terdeteksi yaitu dengan restart Print Spooler. Caranya, Anda buka Run (Windows + R). Kemudian ketik services.msc dan carilah Printer Spooler. Setelah itu, klik kanan. Apabila belum berjalan, Anda bisa klik Start. Sementara jika sedang berjalan, maka Anda pilih saja Restart. Lalu restart komputer yang Anda gunakan.

Dengan Anda tahu penyebab dan cara mengatasi printer tidak terdeteksi, tentu Anda tak perlu khawatir lagi apabila menghadapi permasalahan tersebut. Kebutuhan mencetak pun bisa berjalan lancar.