Cara Cleaning Printer Epson Lengkap Dengan Kegunaannya

Epson adalah salah satu merek printer yang banyak penggunanya. Tak mengherankan karena merek printer ini memiliki kualitas terjamin dengan spesifikasi mumpuni. Namun tetap saja semua keunggulannya akan hilang apabila tak mendapatkan perawatan secara tepat. Adapun salah satu cara perawatannya yaitu dengan rutin cleaning. Cara cleaning printer Epson pun termasuk mudah sehingga Anda tak perlu bingung memikirkannya.

Cara Cleaning Printer Epson Lengkap Dengan Kegunaannya
pixabay.com

Simak Cara Cleaning Printer Epson

Cleaning printer Epson sesuaikan dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Dalam hal ini, kami akan membahas mengenai cleaning printer Epson dengan sistem operasi Windows XP dan Windows Vista ke atas.

OS Windows XP

Apabila Anda menggunakan sistem operasi Windows XP, maka Anda bisa klik Start. Setelah itu, pilih Control Panel. Nantinya akan tampil beberapa pilihan menu, Anda pilih saja Printers & Tax.

OS Windows Vista

Lain halnya untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Windows Vista ke atas. Anda bisa mulai dengan klik Start Menu. Kemudian Anda pilih Devices & Printers.

Langkah Cleaning Printer Epson

Setelah Anda menyesuaikan dengan sistem operasi perangkat yang digunakan, Anda bisa lanjut mengikuti langkah cleaning berikut ini.

Cari Nama Printer

Nantinya akan ada daftar nama printer yang terhubung ke laptop atau PC Anda. Dari sini, Anda cari saja nama printer yang Anda gunakan. Caranya, ketik Epson dan tambahkan tipenya. Saat nama printernya sudah muncul, tinggal klik kanan dan pilih Printer Preferences.

Proses Cleaning

Ketika Anda masuk ke Printer Preferences, bisa langsung memilih Maintenance. Setelah itu, Anda klik Head Cleaning. Untuk memulai proses cleaning, Anda bisa klik Start. Apabila langkah yang Anda lakukan benar, maka proses cleaning akan berlangsung. Anda tunggu saja sampai proses cleaning selesai.

Proses Nozzle Check

Tak perlu menunggu lama, proses cleaning selesai. Setelah itu, Anda bisa lanjut ke proses Nozzle Check. Mengenai bagaimana cara memprosesnya, Anda tak perlu khawatir. Anda tinggal mengikuti petunjuk yang tampil pada layar.

Pengecekan

Apabila semua langkah sudah Anda lakukan dengan tepat, maka ada baiknya Anda melakukan pengecekan. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu membandingkan gambar yang ada di layar dengan hasil gambar yang dicetak. Jika hasilnya berkualitas, proses cleaning yang Anda lakukan jelas berhasil.

Akan tetapi sebaliknya, apabila hasilnya tak sesuai dengan gambar yang ada pada layar, sebaiknya lakukan proses cleaning kembali. Kemungkinan hal ini terjadi karena ada langkah yang terlewat. Maka dari itu, tak perlu panik dan coba lagi.

Kegunaan Cleaning Printer

Sebagaimana yang sudah diulas di atas, cleaning termasuk salah satu perawatan printer yang efektif. Proses cleaning ini sendiri memiliki kegunaan yang menguntungkan penggunanya. Dengan proses cleaning, maka sisa tinta yang mengendap ke bawah cartridge bisa bersih secara menyeluruh. Pada akhirnya, tinta bisa keluar secara lancar. Hasil cetakan pun akan memuaskan sesuai kebutuhan.

Dalam mengulas mengenai kegunaannya, sebenarnya cleaning terbagi menjadi beberapa jenis. Selain head cleaning, juga ada deep cleaning. Jenis cleaning satu ini memiliki kegunaan dalam membuang kotoran yang menyumbat saluran pengeluaran tinta. Hasil cleaning akan lebih berkualitas apabila dilanjut dengan proses cleaning lainnya.

Cara cleaning printer Epson terbilang mudah dilakukan, tak terkecuali bagi pemula sekalipun. Jangan ragu untuk mencobanya demi menjaga kualitas printer yang Anda miliki. Terlebih jika melihat kegunaannya yang memang menguntungkan. Dengan langkah mudah, Anda bisa dapatkan manfaat yang maksimal.