Cara Mengisi Tinta Printer Secara Aman dan Benar

Printer tak bisa berjalan sebagaimana fungsinya apabila tak dilengkapi dengan tinta, baik itu mencetak tulisan maupun gambar. Melihat betapa pentingnya tinta, tentu sudah menjadi keharusan bagi Anda untuk tahu bagaimana cara mengisi tinta printer yang tepat. Tak perlu bingung karenanya caranya cukup mudah dilakukan, bahkan untuk Anda yang baru pertama kali melakukannya.

Cara Mengisi Tinta Printer Secara Aman dan Benar
pexels.com

Inilah Cara Mengisi Tinta Printer yang Tepat

Mengisi tinta secara tepat bisa membuat usia pemakaian printer lebih lama alias awet. Anda pun bisa terhindar dari biaya pengeluaran untuk membeli printer baru dalam waktu dekat. Lantas bagaimana caranya? Anda bisa tahu dengan menyimak ulasan berikut ini.

Mengisi Tinta Printer Infus

Apabila Anda memiliki printer infus yang cirinya dilengkapi dengan tangki, Anda bisa ikuti langkah ini. Anda bisa mulai dengan menonaktifkan printer terlebih dahulu. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kerusakan atau error system.

Setelah itu, lepaslah tangkinya. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa sisi lubang pengisiannya ada di atas. Kemudian bukalah klep penutup tangki dan suntikkan tinta ke dalamnya. Namun hal yang perlu Anda perhatikan, pastikan Anda menyuntikkan tinta sesuai dengan warnanya. Jangan sampai keliru.

Jika sudah tepat, bisa langsung menutup kembali klepnya. Tutup rapat, jangan sampai bocor. Setelah itu, tangki bisa Anda pasang kembali dan kuncilah di samping printer. Untuk memastikan apakah Anda tepat dalam melakukan pengisian, Anda bisa uji coba.

Nyalakan printer dan lakukan pencetakan seperti biasanya. Namun apabila Anda mengisi tinta saat sudah benar-benar habis, Anda jangan langsung menggunakannya. Ketika printer dinyalakan, Anda perlu menunggunya hingga beberapa saat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memudahkan cartridge dalam menghisap tintanya.

Mengisi Tinta Printer Canon

Pengisian tinta printer berbeda-beda untuk tiap mereknya, tak terkecuali pada printer Canon. Adapun langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu memperhatikan bagian cartridge. Apabila masih baru, Anda perlu melubanginya terlebih dahulu. Lubangi sedikit saja agar kualitasnya tetap terjaga dalam jangka panjang

Setelah itu, tinta bisa dimasukkan dengan suntik sekitar 4 ml sampai habis. Ketika cartridge sudah terisi tinta secara penuh, Anda bisa menyiapkan penyedot tinta. Lalu sedot tinta secukupnya. Namun jangan terlalu banyak. Hal ini karena tinta juga diharapkan bisa mengalur ke nozzle head secara lancar.

Langkah selanjutnya, ambil tisu sebagai media pengecekan. Tisu bisa Anda tempelkan pada nozzle head. Kemudian cartridge bisa Anda masukkan lagi ke posisi semula. Jika sudah, lakukan proses head cleaning. Proses cleaning dilakukan dengan tujuan agar hasil cetakan berkualitas sesuai dengan apa yang tampil di layar.

Mengisi Tinta Printer Epson

Apabila Anda menggunakan printer dengan merek Epson, maka Anda jangan sampai melewatkan pembahasan ini. Untuk mengisi tinta printer, cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu menyambungkan kabel power printer ke daya listrik. Setelah itu, bukalah panel penutup printer.

Kemudian Anda bisa menekan tombol power printer. Lakukan sampai lampu indikatornya menyala. Lanjutkan dengan membuka kap penutup printer sampai cartridge bergerak dan berhenti ke tengah. Apabila hal tersebut sudah terjadi, Anda buka kap tinta hitam lalu tekanlah bagian belakang dan tarik saja ke atas. Dari langkah ini, Anda bisa mengambil cartridge.

Beralih ke langkah selanjutnya, sebenarnya hampir sama dengan proses pengisian tinta printer Canon di atas. Anda bisa melubangi cartridge dengan jarum dan masukkan tinta sesuai kebutuhan. Setidaknya 3 ml saja. Setelah berhasil, Anda bisa menutup cartridge dan mengembalikannya ke tempat awal. Kembalikan juga tutup kap cartridge dan panel printer. Jangan lupa untuk lakukan pengecekan.

Cara mengisi tinta printer mudah bukan? Anda tak perlu ragu mencobanya di rumah.