Cara Memperbaiki Cartridge yang Rusak, Dijamin Berhasil!

Cartridge merupakan salah satu komponen pada printer yang melancarkan proses mencetak. Tanpa adanya cartridge, maka printer tak bisa menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Hanya saja, seringkali cartridge mengalami masalah. Selain mengganggu proses mencetak, kondisi ini juga mampu mengurangi usia pakai printer. Dalam hal ini, tentu Anda harus tahu cara memperbaiki cartridge yang rusak.

Cara Memperbaiki Cartridge yang Rusak, Dijamin Berhasil!
pexels.com

Berbagai Cara Memperbaiki Cartridge yang Rusak

Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk memperbaiki cartridge bermasalah. Simak sampai akhir agar printer tetap bisa Anda gunakan.

Membersihkan Konektor Chip

Salah satu cara memperbaiki cartridge rusak yaitu dengan membersihkan konektor chip yang bermasalah. Caranya, Anda siapkan dulu penghapus karet dan tisu. Setelah itu, cabutlah cartridge dan bersihkan dengan tisu agar tak basah. Kemudian lanjutkan membersihkan konektor chip dengan penghapus supaya lepas dari masalah kerak.

Jika sudah benar-benar bersih, Anda bisa memasangkan kembali cartridgenya. Lalu Anda cek. Pastikan layar monitor tak muncul error message. Apabila tak lagi muncul pesan tersebut, berarti printer sudah bisa Anda gunakan lagi.

Sedot Tinta

Selain membersihkan konektor chip cartridge, Anda juga perlu menyedot tinta. Tinta yang ada dalam cartridge bisa Anda sedot sampai habis menggunakan jarum suntik. Langkah selanjutnya, cartridge bisa Anda kembalikan ke posisi semula. Kemudian tinggal lakukan test print.

Lakukan Head Cleaning

Cara membersihkan cartridge yang rusak lainnya yaitu dengan melakukan proses head cleaning. Adapun caranya ialah dengan membuka Control Panel. Setelah itu, Anda bisa pilih Hardware and Sound. Kemudian klik saja View Device and Printers. Dari sini, Anda akan tahu printer yang digunakan. Anda pun bisa langsung klik kanan pada bagian Printer.

Selanjutnya, pilih Printing Preferences dan klik Maintenance. Lalu pilih Head Cleaning. Apabila muncul jendela konfirmasi, Anda bisa pilih Start, Yes, atau Ok. Proses head cleaning pun akan berlangsung. Anda tinggal menunggu prosesnya selesai.

Cek Saluran Infus Ke Cartridge

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi cartridge bermasalah yaitu dengan mencegek saluran infus yang terhubung ke cartridge. Dalam hal ini, Anda bisa cek apakah terjadi penyumbatan atau tidak. Apabila terjadi penyumbatan, tentu saja tinta tak akan bisa sampai ke cartridge. Hal ini tentu mengganggu printing.

Masih berkaitan dengan tinta dan cartridge, Anda juga perlu memeriksa bagian bawah cartridge. Anda teliti, pada bagian tersebut apakah terdapat tinta yang kering. Jika iya, Anda perlu segera membersihkannya. Dengan demikian, cartridge pun tak akan bermasalah lagi.

Mengenal Ciri Cartridge Bermasalah

Selain tahu bagaimana cara mengatasi cartridge yang bermasalah, Anda juga perlu memahami apa saja cirinya. Mau tahu apa itu? Anda bisa ikuti ulasan berikut ini.

Cartridge Tak Terbaca

Salah satu ciri cartridge yang rusak yaitu keberadaannya tak bisa terdeteksi. Hal ini seringkali ditandai dengan adanya pemberitahuan yang muncul. Saat terjadi masalah ini, Anda harus segera mengatasinya sebab cartridge sudah lemah bahkan aus. Anda pun perlu menggantinya dengan cartridge baru.

Selain menggantinya, Anda juga bisa mengatasi dengan membersihkan chip dan cartridge menggunakan tisu. Lakukan secara teliti dan perlahan. Kemudian uji coba apakah sudah berfungsi dengan baik seperti semula atau belum.

Hasil Cetakan Bergaris

Pernahkah Anda menemukan hasil cetakan yang bergaris? Jika iya, hal ini bisa menjadi salah satu ciri cartridge yang bermasalah. Untuk mengatasinya, Anda bisa lakukan proses head cleaning agar tinta yang mengalir ke lubang nozzle lancar.

Cara memperbaiki cartridge yang rusak mudah bukan? Kenali juga cirinya agar lebih awal dalam melakukan penanganan.