Hasil Print Bergaris, Pahami Penyebab dan Solusinya

Pernahkah Anda mendapati hasil print bergaris? Jika iya, apa yang Anda lakukan? Tak perlu membeli printer baru, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan cara mudah. Caranya pun akan kami ulas pada pembahasan kali ini.

Hasil Print Bergaris, Pahami Penyebab dan Solusinya
pexels.com

Penyebab Hasil Print Bergaris

Sebelum mengulas mengenai solusinya, alangkah lebih baik bila tahu apa saja penyebab hasil cetakan bergaris-garis. Berikut beberapa diantaranya:

Tinta Tak Tersalurkan Ke Cartridge

Salah satu penyebabnya yaitu tinta yang tak mengalir secara sempurna ke cartridge. Mengapa demikian? Biasanya hal ini terjadi karena ada angin yang masuk ke selang. Tinta yang seharusnya berjalan menuju cartridge pun terhenti.

Nozzle Print Head Mampet

Selain tinta yang tak mengalir ke cartridge, penyebab lainnya yaitu nozzle print head mampet. Hal ini jelas membuat tinta tak bisa turun ke kertas. Agar tak mengalami masalah ini, Anda harus memastikan bahwa tinta printer yang digunakan benar-benar asli. Lain halnya jika Anda sudah mengalaminya, maka Anda harus segera melakukan Nozzle Check.

Cartridge Aus

Kondisi cartridge yang sudah aus juga menjadi penyebab hasil print bergaris. Baik itu aus karena kurangnya perawatan maupun usia pemakaian yang sudah terlalu lama. Maka dari itu, Anda harus memahami batas maksimal pemakaiannya. Jangan lupa juga untuk senantiasa memberikan perawatan secara tepat dan berkala.

Penggumpalan Tinta

Tinta yang menggumpal juga mengakibatkan hasil print menjadi kurang berkualitas. Apabila tak segera ditangani, bisa menimbulkan masalah yang lebih serius. Bahkan printer tak bisa mencetak apapun. Biasanya hal ini terjadi karena printer yang jarang digunakan.

Solusi Hasil Print Bergaris

Setelah tahu beberapa penyebab hasil print yang tak sesuai harapan di atas, kini saatnya kita beralih ke solusinya. Simak ulasan berikut. Jangan sampai Anda melewatkan ulasan yang kami bagikan ini.

Cek Cartridge

Salah satu solusi untuk mengatasi hasil print yang bergaris yaitu memeriksa cartridge. Apabila Anda menemukan masalah dalam bagian cartridge, misal tinta menggumpal, maka Anda bisa melepas dan merendam head cartridge. Gunakan air hangat untuk merendamnya agar hasilnya lebih optimal. Usai direndam, head cartridge bisa Anda keringkan dan pasang kembali.

Cek Encoder

Selain cartridge, Anda juga perlu cek bagian encoder. Encoder itu sendiri berupa benda panjang mirip mika yang bisa Anda temukan pada bagian belakang cartridge. Anda cek apakah bagian ini sudah kotor. Jika iya, maka segera lakukan pembersihan.

Caranya, Anda hanya perlu menyeka secara perlahan dengan tisu. Selain itu, bisa juga merendamnya ke dalam air hangat dan pasang kembali saat sudah kering. Setelah bersih, Anda bisa gunakan printer lagi. Tentu hasilnya akan jauh berbeda dengan sebelumnya.

Manfaatkan Color Cartridge

Cara yang satu ini juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi hasil print bergaris. Caranya mudah saja. Langkah awal yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka Microsoft Office. Kemudian tekanlah Ctrl+P. Lalu pilih menu Properties dan Maintenance. Langkah selanjutnya, Anda bisa memilih Ink Cartridge Settings.

Untuk menerapkan cartridge warna, Anda pilih Color Only dan klik Ok untuk menyetujuinya. Jika sudah, Anda buktikan hasilnya dengan mencoba melakukan print ulang. Bagaimana? Hasilnya sesuai harapan bukan?

Ketika Anda mengalami masalah hasil print bergaris, maka Anda tak perlu pusing ataupun bingung lagi setelah memahami apa penyebab dan bagaimana solusinya. Jangan ragu untuk mencobanya di rumah dan buktikan sendiri bagaimana hasilnya.