Penyebab Tinta Printer Cepat Habis, Ketahui Pula Cara Menghematnya

Printer dan tinta menjadi satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan dalam memenuhi kebutuhan mencetak. Hal ini dikarenakan printer tak bisa memberikan hasil cetakan sesuai harapan tanpa adanya tinta. Begitupun sebaliknya. Dalam penggunaannya, tinta akan boros apabila tak dimanfaatkan secara bijak. Apabila Anda mengalami permasalahan tersebut, ketahui penyebab tinta printer cepat habis dan solusinya.

Penyebab Tinta Printer Cepat Habis, Ketahui Pula Cara Menghematnya
pexels.com

Simak Penyebab Tinta Printer Cepat Habis

Rasa bingung mungkin akan membayangi Anda saat melihat tinta boros padahal pemakaiannya masih terbilang wajar. Namun nyatanya masalah ini ada penyebabnya. Adapun penyebabnya ialah sebagai berikut.

Konstruksi Printer

Hal ini terjadi pada printer dengan konstruksi print head dan cartridge warna yang terpisah. Ketika cartridge printer tak Anda gunakan dalam waktu lama, tinta yang keluar bisa menyumbat print head. Agar tak mampet, printer didesain agar tinta tetap keluar secara lancar dari print head. Baik itu saat printer digunakan maupun tidak. Tak hanya itu, tinta juga akan keluar saat print clean. Oleh sebab itu, janganlah heran apabila boros tinta.

Tinta Menguap

Selain karena konstruksi bawaan printer, penyebab tinta cepat habis lainnya yaitu tinta menguap dari lubang isi ulangnya. Sebagaimana yang diketahui, Anda harus melubangi cartridge saat melakukan isi ulang tinta. Pada saat inilah tinta akan menguap. Semakin boros tinta apabila Anda tak menutupnya secara rapat.

Tidak Tepat Dalam Mematikan Printer

Mematikan printer sembarangan tak hanya bisa memperpendek usia pemakaian printer, akan tetapi juga membuat tinta mudah boros. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan mematikan printer hanya dengan langsung mencabut kabel atau menekan tombol stabilizer membuat cartridge berhenti seketika.

Cartridge yang dipaksa berhenti bukan di tempatnya akan membuatnya cepat aus. Dengan demikian, perannya dalam melindungi head cartridge dari udara tak bisa optimal. Tinta pun akan terkena imbasnya. Tinta akan cepat habis tanpa Anda sadari.

Cara Menghemat Tinta Printer

Tinta yang boros tentu saja membuat pengeluaran menjadi membengkak. Anda pasti tak ingin mengalaminya bukan? Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tahu cara menghemat tinta printer. Langsung saja simak ulasan berikut.

Manfaatkan Ecofont

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat tinta yaitu dengan menggunakan ecofont. Ecofont itu sendiri memiliki lubang yang tersemat di tiap hurufnya. Penggunaan ecofont pun bisa menghemat sampai 20% daripada font biasa. Menarik untuk Anda gunakan bukan?

Cek Dokumen Sebelum Dicetak

Untuk meminimalisir boros tinta karena mencetak secara berulang-ulang, sebaiknya Anda cek kembali dokumennya sebelum dicetak. Periksa kalimat, kata, spasi, gambar, dan lain-lainnya yang perlu perbaikan. Walaupun terdengar sepele, namun hal ini tak kalah penting untuk Anda perhatikan. Pengecekan dokumen secara teliti dan rutin bisa memberikan keuntungan yang maksimal.

Terapkan Black-Only Mode

Agar tinta printer tidak boros, Anda bisa menerapkan black-only mode. Tips ini bisa diterapkan apabila Anda memakai cartridge hitam dan warna. Saat Anda ingin print dokumen hitam putih, ubahlah properties ke mode ini. Meski Anda hanya ingin cetak dokumen hitam putih, namun ada beberapa printer yang mencampur tinta warna dengan hitam. Hal inilah yang membuat tinta cepat habis tanpa black-only mode.

Ada berbagai penyebab tinta printer cepat habis yang penting Anda tahu. Pahami juga bagaimana cara menghemat tintanya agar Anda tak boros pengeluaran. Printer tetap bisa digunakan sebagaimana fungsinya tanpa harus khawatir pengeluaran membengkak.