Jangan Panik, Printer Sering Paper Jam Bisa Diatasi Dengan Cara Ini

Printer sering paper jam tentu membuat Anda kesulitan dalam mencetak. Paper jam itu sendiri adalah kondisi kertas yang tersangkut sehingga tak bisa keluar dengan lancar saat proses mencetak. Permasalahan ini terjadi karena beberapa hal. Penyebab hingga solusinya pun akan kami bahas secara tuntas pada pembahasan kali ini.

Jangan Panik, Printer Sering Paper Jam Bisa Diatasi Dengan Cara Ini
pexels.com

Penyebab Printer Sering Paper Jam

Beberapa hal yang menjadi penyebab kertas printer nyangkut yaitu:

Kertas yang Terlalu Tipis

Salah satu penyebabnya yaitu kertas yang terlalu tipis. Dalam hal ini, Anda tak direkomendasikan untuk menggunakan kertas 60 gsm. Alangkah lebih baik jika Anda menggunakan kertas 70-80 gsm. Selain itu, jangan pula untuk menggunakan kertas bekas yang sudah lecek.

Penempatan Kertas Tidak Tepat

Tak hanya ketebalan kertas, penempatan yang salah juga menyebabkan printer sering paper jam. Maka dari itu, sebelum Anda mencetak, pastikan kertas benar-benar ada di dalam tempatnya. Dengan demikian, kertas tak akan menyangkut.

Karet Roller Kotor

Hal lainnya yang mengakibatkan kertas printer nyangkut yaitu kondisi karet roller yang sudah kotor. Oleh sebab itu, Anda harus segera membersihkan permukaan roller. Bisa menggunakan kanebo atau kain yang dibasahi. Lakukan secara perlahan sampai bersih.

Jarang Melakukan Printer Checkup

Tak bisa dipungkiri bahwa peralatan elektronik membutuhkan perawatan secara berkala, termasuk printer. Dalam memberikan perawatan, Anda bisa melakukannya paling tidak sebulan sekali. Dengan begitu, performa dan kinerja printer tetap bisa berjalan dengan optimal.

Cara Mengatasi Printer Sering Paper Jam

Setelah Anda tahu apa saja penyebabnya, kini Anda bisa beralih ke bagaimana penanganannya. Cukup mudah, Anda bisa simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cek Roller Penarik Kertas

Cara pertama yang bisa Anda lakukan saat mengalami paper jam yaitu memeriksa roller penarik kertasnya. Mulanya, Anda bongkar printer terlebih dahulu. Setelah itu, lihatlah bagian bawah rollernya. Cermati dari ujung ke ujungnya. Apabila Anda menemukan ada kotoran atau benda asing, maka segera bersihkan.

Jika sudah benar-benar bersih, Anda bisa memasang kembali printernya. Bahkan jika perlu, Anda juga bisa melepas pegasnya agar lebih mudah mengetahui kemungkinan adanya benda asing. Pastikan juga Anda uji coba terlebih dahulu sebelum memasang cover printer.

Masukkan Kertas Seperlunya Saja

Tips lainnya yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan dalam mengatasi paper jam yaitu memasukkan kertas sesuai kebutuhan. Pastikan kertas yang dimasukkan tak terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

Selain jumlahnya, cek pula kondisinya. Jangan sampai kertas yang digunakan saling menempel satu sama lain atau mungkin terlipat. Maka dari itu, saat kertas baru dikeluarkan dari kemasan, Anda harus menatanya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam printer.

Cek Bagian Mekanis Printer

Cara yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan. Saat mengalami paper jam, Anda bisa langsung periksa bagian mekanis printernya. Caranya mudah. Bongkar printer terlebih dahulu. Kemudian menuju ke bagian mekanis printer. Biasanya satu set letaknya di bawah roller serta paper tray. Di dalamnya terdapat satu pasangan roda lengkap dengan pegas.

Anda cermati roda tersebut. Jika roda terlihat lepas dari dudukannya, Anda bisa memasangnya kembali. Lalu jika pegas di dalam rodanya rusak, Anda bisa memotong pegas maksimum setengah dari pegas yang ada. Apabila sudah tak bisa dipotong, maka Anda harus cari pegas yang baru.

Setelah memahami apa saja penyebab dan cara mengatasi masalah printer sering paper jam, kini Anda tak bingung lagi bukan?