Kenali Troubleshooting pada Printer Beserta Solusinya

Troubleshooting pada printer menjadi salah satu hal yang mengganggu kelancaran mencetak. Lantas apa itu troubleshooting? Istilah ini diartikan sebagai masalah yang timbul pada hardware. Biasanya terjadi karena adanya gangguan-gangguan tertentu, termasuk komponen printer yang aus karena usia maupun jarang perawatan.

Kenali Troubleshooting pada Printer Beserta Solusinya
pexels.com

Berbagai Troubleshooting pada Printer

Ada banyak troubleshooting yang terjadi pada printer. Berikut ini beberapa diantaranya sekaligus solusinya. Pastikan Anda menyimaknya baik-baik sampai selesai.

Printer Tak Bisa Menarik Kertas

Troubleshooting yang pertama yaitu printer tidak bisa menarik kertas dengan lancar. Hal ini seringkali terjadi pada printer dengan jenis inkjet. Saat Anda mengalami hal ini, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa cek bagian roda penariknya.

Biasanya komponen ini sudah licin akibat usia pemakaian yang terlalu lama. Kondisi roda penarik yang licin tentu saja menghambat kinerjanya dalam memegang dan menarik kertas. Maka dari itu, Anda perlu mengamplas roda penarik terlebih dahulu.

Selain roda penarik, Anda juga perlu cek tintanya. Pada umumnya, tinta yang hampir habis juga memicu permasalahan ini. Bahkan apabila dipaksa untuk mencetak, maka nantinya akan terdengar bunyi beep berulang kali. Hal ini tentu sangat mengganggu bukan?

Printer Lambat Dalam Mencetak

Troubleshooting yang satu ini juga penting Anda pahami. Printer yang lambat dalam mencetak bisa disebabkan karena memori yang sudah penuh. Baik itu memori yang ada dalam printer maupun memori komputer. Untuk mengatasinya pun cukup mudah.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu cek ruang hardisk. Apabila Anda menggunakan OS Microsoft Windows XP/2000/NT, pastikan sisa ruangnya minimal 120 MB. Selain itu, pastikan juga komputer yang Anda gunakan terbebas dari virus.

Jangan juga menjalankan aplikasi lain yang bisa menghabiskan memori. Jika sudah, Anda bisa cek kembali konfigurasi printer dan lakukan defragmentasi hardisk. Apabila masalah ini masih sama saja, kemungkinan besar komponen mainboard sudah aus. Anda pun perlu menggantinya dengan komponen baru.

Printer Hanya Cetak Satu Warna

Saat Anda ingin mencetak dokumen maupun gambar lebih dari satu warna, namun yang muncul hanya satu warna, maka Anda harus ikuti ulasan ini. Salah satu masalah pada printer ini terjadi pada bagian cartridge. Sebagai solusinya, gunakan cartridge warna, jangan hanya cartridge hitam saja.

Setelah itu, masuk ke kotak dialog printer Properties. Caranya, klik File dan pilih Print. Nantinya Anda bisa klik Properties. Dari sini, Anda bisa klik Paper/Quality. Cermati bagian menu Color di dalamnya. Agar bisa mencetak lebih dari satu warna, maka pilih Color.

Font yang Dicetak Berubah

Troubleshooting pada printer yang satu ini umum terjadi. Font yang dicetak bisa berbeda dengan font yang tampil di layar. Apabila Anda memiliki tugas atau pekerjaan yang mengharuskan menggunakan jenis font tertentu, tentu saja hal ini sangat mengganggu bukan? Anda pun harus segera mencari solusinya.

Adapun cara mengatasinya yaitu gunakan True Type Font. Tak hanya itu, cek pula apakah file font yang Anda pakai ada pada komputer. Untuk melakukan setting ini, Anda bisa cek melalui Printer Preferences. Jika masih sama, Anda bisa periksa bagian driver printer.

Ada banyak troubleshooting pada printer yang penting Anda ketahui. Dengan tahu apa saja solusinya, Anda tak akan merasa panik lagi apabila mengalaminya. Namun apabila Anda masih pemula ataupun awam dengan hal tersebut, bisa dipercayakan kepada ahlinya. Lain halnya untuk Anda yang sudah familiar, tak ada salahnya mencoba cara di atas.