Printer Macet Saat Ngeprint, Pastikan Cek Bagian Ini!

Masalah pada printer sangatlah beragam. Apalagi jika Anda kurang memperhatikan segi perawatan printer. Komponen mudah aus dan pastinya usia pemakaiannya tak lama. Adapun salah satu masalah printer tersebut yaitu printer macet saat ngeprint. Pernahkah Anda mengalaminya? Tentu bingung dan panik bukan?

Printer Macet Saat Ngeprint, Pastikan Cek Bagian Ini!
pexels.com

Penyebab Printer Macet Saat Ngeprint

Perlu untuk Anda ketahui, printer yang macet disebabkan oleh banyak hal. Beberapa diantaranya akan kami bahas pada ulasan berikut ini.

Koneksi Printer ke PC Terputus

Salah satu penyebab printer macet yaitu terputusnya koneksi printer ke komputer. Hal ini bisa karena adanya permasalahan pada kabel USB. Maka dari itu, pastikan Anda mengecek bagian ini dengan teliti terlebih dahulu sebelum menghubungkannya. Apabila terdapat kerusakan, maka segera lakukan perbaikan atau bisa ganti dengan kabel yang baru.

Masalah pada Driver Printer

Driver yang bermasalah juga bisa menyebabkan printer bermasalah. Dalam hal ini, seringkali terjadi karena driver printer belum terpasang secara sempurna. Oleh sebab itu, sudah seharusnya jika Anda mengecek bagian driver printer terlebih dahulu. Cek kondisinya dan lakukan pemasangan sesuai dengan prosedur yang ada. Setelah itu, Anda bisa uji coba kembali.

Printer Melebihi Batas Pencetakan

Hal lain yang menyebabkan printer macet saat ngeprint yaitu kondisi printer yang melebihi batas pencetakan. Sebagaimana yang kita tahu, setiap printer memiliki batas pencetakan masing-masing. Pastikan Anda memperhatikannya sebelum mencetak.

Kelebihan muatan bisa menyebabkan printer sulit beroperasi. Apabila Anda sudah terlanjur mengalami permasalahan ini, maka solusinya yaitu Anda perlu lakukan reset printer. Dalam mempermudah langkah ini, Anda bisa manfaatkan software resetter.

Bagian yang Perlu Dicek Saat Printer Macet

Tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak penyebab printer macet. Apabila Anda tak ingin mengalami masalah ini, pastikan Anda perhatikan dan hindari apa saja penyebab tersebut. Selain itu, perhatikan pula beberapa solusi berikut ini.

Cek Cartridge

Selain memperhatikan beberapa penyebab di atas, Anda juga perlu mengecek bagian cartridge printer. Anda harus pastikan bagian ini terinstal dan berfungsi dengan baik. Untuk mengeceknya, Anda bisa membuka cartridge terlebih dahulu.

Cek Tinta

Hal lainnya yang perlu Anda cek yaitu tintanya. Anda cek apakah tintanya sudah kering, habis, atau justru bocor. Jika mendapati kondisi tinta yang demikian, Anda perlu mengisi ulang sesuai dengan warnanya. Sebagai bentuk pencegahan tinta habis, Anda bisa cek secara berkala. Apabila tinta sudah terlihat hanya 20%, Anda bisa isi ulang saat itu juga.

Periksa Kondisi Printer

Printer juga perlu dicek kondisinya. Bisa jadi printer macet karena off. Hal ini sudah pasti membuat printer tak bisa bekerja secara optimal. Tak hanya itu, perhatikan pula apakah saluran listrik di rumah Anda menyala. Periksalah mulai dari stop kontak, kabel listrik, hingga tombol power on pada printer. Jika semua sudah dipastikan menyala, Anda bisa coba lakukan pencetakan.

Instal Ulang Driver

Seperti yang kita tahu bahwa salah satu penyebab printer macet yaitu driver yang bermasalah. Selain memastikan driver sudah terpasang, Anda bisa juga lakukan penghapusan dan menginstalnya kembali. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan driver printer yang terupdate sesuai dengan seri printer Anda. Tak hanya itu, cara ini dilakukan untuk membersihkan driver dari serangan virus.

Kini Anda tak perlu panik lagi dengan masalah printer macet saat ngeprint. Pahami penyebab dan cara mengatasinya dengan cek bagian-bagian di atas. Anda bisa lakukan sendiri di rumah sehingga lebih hemat biaya.