Cara Menyimpan Printer yang Tidak Dipakai Agar Tetap Terlihat Baru

Printer yang tidak digunakan sebaiknya disimpan dengan baik. Hal ini termasuk salah satu bentuk perawatan printer agar tetap awet dan memberikan performa yang baik. Cara menyimpan printer yang tidak dipakai pun mudah dilakukan. Anda bisa temukan caranya dengan menyimak ulasan ini sampai tuntas.

Cara Menyimpan Printer yang Tidak Dipakai Agar Tetap Terlihat Baru
pixabay.com

Berbagai Cara Menyimpan Printer yang Tidak Dipakai

Ada banyak cara menyimpan printer apabila tak Anda gunakan. Berikut beberapa caranya.

Tutup Dengan Kain atau Plastik

Salah satu cara menyimpan printer yaitu tutupi dengan kain atau plastik bersih. Hal ini dilakukan agar printer tak terkena debu ataupun kotoran. Dengan Anda melakukan cara ini, maka tampilan printer akan selalu terlihat bersih dan tampak seperti baru.

Simpan di Tempat yang Kering

Sebagaimana yang kita tahu bahwa printer termasuk barang elektronik. Maka dari itu, jangan menyimpan atau meletakkan printer di tempat yang basah atau lembab. Hal ini akan membuat printer konslet dan tak bisa digunakan kembali. Anda harus cari tempat yang benar-benar bersih dan kering untuk menaruhnya dengan aman.

Dimasukkan Ke Kardus

Anda juga bisa menyimpan printer dengan memasukkannya ke kardus. Cara menyimpan printer yang tidak dipakai dalam waktu lama ini bisa Anda coba. Masukkan dengan rapi. Hal ini bisa Anda lakukan apabila tak ada ruang kosong di dalam rumah Anda.

Letakkan di Rak

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan printer yaitu meletakkannya di rak. Hal ini akan membuat printer lebih terlindungi dan terlihat rapi. Tak hanya rak, Anda juga bisa simpan di bawah kolong meja sehingga lebih aman.

Mengenal Beragam Jenis Printer

Cara menyimpan printer di atas bisa Anda terapkan pada berbagai jenis printer. Adapun jenis printer itu sendiri meliputi:

Printer All In One

Jenis printer yang satu ini bisa Anda gunakan untuk cetak dokumen, scanner, telephone, fax, dan masih banyak lagi. Tak heran jika printer all in one juga dikenal sebagai printer multifungsi.

Printer Ink Jet

Printer ini menggunakan tinta dengan hasil cetakan yang berkualitas. Tinta yang digunakan pun haruslah original.

Printer Thermal

Jenis printer ini bisa dengan mudah Anda temukan di pusat perbelanjaan, tepatnya di bagian kasir atau mesin fax.

Printer Laset Jet

Sesuai dengan namanya, printer ini menggunakan laser saat mencetak. Prinsip kerjanya sama dengan mesin untuk fotocopy.

Printer Dot Matrix

Anda akan temukan pita dan set pin dalam printer ini. Kedua komponen ini tersusun rapat yang memudahkan dalam mencetak huruf dan karakter lain. Prinsip kerjanya sama dengan mesin tik.

Printer LED

Jenis printer ini menggunakan cahaya dalam melakukan kinerjanya. Dengan teknologi LED, maka hasil yang diberikan begitu memuaskan karena berkualitas tinggi. Sekilas, jenis printer ini mirip dengan printer laser jet.

Printer Solid Ink

Printer ini cukup unik. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jenis printer solid ink menggunakan tinta yang telah dililinkan.

Printer Direct To Garment (DGT)

Printer hasil modifikasi ini biasa ditemukan pada usaha kaos printing digital. Hal ini dikarenakan jenis printer DGT bisa mencetak gambar ataupun tulisan langsung ke kain tanpa perlu perantara.

Apapun jenis printer yang Anda gunakan pastikan menyimpannya dengan tepat. Cara menyimpan printer yang tidak dipakai dengan baik bisa memperpanjang usia pakai sehingga awet digunakan dalam waktu lama. Jangan ragu untuk mencobanya di rumah demi keawetan printer kesayangan Anda.