Cara Mematikan Printer Dengan Baik dan Benar Agar Tak Cepat Rusak

Cara mematikan printer dengan benar penting diketahui. Hal ini dikarenakan cara menonaktifkannya termasuk bentuk perawatan printer agar usia pakainya lebih lama. Anda tentu ingin memiliki printer yang awet bukan? Maka dari itu, jangan lewatkan ulasan ini.

Cara Mematikan Printer Dengan Baik dan Benar Agar Tak Cepat Rusak
pixabay.com

Simak Cara Mematikan Printer Dengan Benar

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan saat mematikan printer yaitu dengan memastikan bahwa printer sudah dalam keadaan diam atau tak beroperasi. Setelah itu, Anda klik Start dan pilihlah Device and Printers.

Langkah selanjutnya, Anda pilih Printer yang ada tandanya centang hijau atau berstatus ready. Anda klik kanan dan pilihlah Printers Preferences. Lalu klik tab Maintenance. Jika sudah, Anda tekan saja tombol Power Off dan pilih OK. Printer pun akan off dengan sendirinya.

Kebiasaan yang Membuat Printer Cepat Rusak

Selain sembarangan dalam mematikan printer, kebiasaan-kebiasaan berikut ini juga bisa membuat printer cepat rusak.

Kesalahan Dalam Mengisi Tinta

Sudah bukan rahasia lagi jika salah dalam mengisi tinta bisa menurunkan performa printer. Maka dari itu, pastikan Anda berhati-hati dalam mengisi tinta. Jangan lupa juga untuk mengikuti prosedur pengisian tinta yang benar. Pastikan juga tinta yang Anda gunakan jelas keasliannya (original). Hal ini dikarenakan bisa mempengaruhi hasil cetakan nantinya.

Printer Jarang Digunakan

Mungkin Anda berpikir bahwa semakin lama printer tak digunakan, maka kian awet. Justru anggapan seperti ini salah. Mengapa demikian? Printer yang jarang atau lama tak digunakan bisa membuat komponennya aus. Mulai dari cartridge mengeras hingga tinta macet. Jika sudah demikian, printer tak akan maksimal dalam cara pengoperasiannya.

Melebihi Kapasitas

Printer memang peralatan elektronik yang membantu dalam memenuhi keperluan mencetak. Hanya saja, fungsinya tak akan optimal apabila Anda mencetak melebihi batas kapasitasnya.

Seperti yang diketahui bahwa tiap printer dibekali dengan batas maksimal kapasitas pencetakan. Jangan melampaui kapasitasnya karena akan membuat printer bermasalah. Selain itu, berilah jeda waktu untuk melakukan pencetakan berulang.

Ciri-Ciri Printer Rusak

Anda tentu perlu mempraktikkan cara mematikan printer yang tepat dan menjauhi berbagai kebiasaan-kebiasaan buruk di atas apabila ingin printer kesayangan tetap awet.

Selain itu, pastikan Anda juga mengenali sejak dini adanya kerusakan pada printer. Untuk memudahkan Anda dalam mendeteksinya, kami bagikan beberapa ciri kerusakan printer berikut ini.

Proses Mencetak Lambat

Salah satu ciri ada kerusakan pada printer yaitu proses mencetak yang relatif lebih lambat daripada biasanya. Setelah Anda menyadari adanya tanda tersebut, maka segera lakukan pengecekan. Anda periksa setiap komponen pada printer dan lakukan perbaikan apabila ditemukan suatu masalah.

Hasil Cetakan Kurang Berkualitas

Ciri lainnya yaitu kualitas hasil cetakan menurun. Hal ini bisa dilihat dari adanya garis atau bahkan cetakan tulisan samar pada kertas yang diprint. Selain itu, ditandai pula dengan hasil cetakan yang tak penuh. Apabila Anda menemui hal tersebut, jangan anggap sepele. Segera atasi dengan cara yang tepat.

Printer Macet

Ciri kerusakan yang satu ini bisa terjadi karena adanya masalah pada kertas. Bisa karena kertas yang terlalu tebal, terlalu tipis, kertas kotor, ataupun terlalu banyak. Padahal tiap printer sudah dibekali dengan ketentuan kertas yang baik digunakan. Selain kertas, bisa jadi permasalahan juga ada pada cartridge dan roll penarik kertasnya.

Perawatan printer penting dilakukan untuk menjaga performa dan keawetannya. Salah satunya dengan menerapkan cara mematikan printer secara tepat di atas. Jadikan kebiasaan yang baik demi printer kesayangan Anda.